Kamis, 09 Desember 2010

Kristiani-herrawatisby- VS -megawati.

Mungkin sebagian orang belum mengenal baik Kristiani Herrawati Susilo Bambang Yudhoyono, atau yang lebih dikenal sebagai Ibu Ani Yudhoyono, begitu juga dengan saya sebelum saya membuka dan browsing di sbypresidenku.com untuk menulis artikel sebelum ini. Saya semakin penasaran ternyata dia adalah seorang Sarjana Ilmu Politik lulusan niversitas Merdeka, Malang dan lulus di tahun 1998. Bahka dia sebelumnya pernah menjadi mahasiswa kedokteran di Universitas Kristen Indonesia, walaupun pada tahun ketiga memutuskan meninggalkan sekolah dan menikah dengan Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 1976.

Kemudian saya berfikir, berarti Ibu Ani memiliki keunggulan dibandingkan dengan megawati, setidaknya dari tingkat pendidikannya, Seperti kita ketahui megawati tidak/belum mendapat gelar akademis hingga sarjana. Karena walaupun Megawati sempat dua kali kuliah di Fakultas Pertanian UNPAD Bandung (1965-1967), dan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (1970-1972), tetapi keduanya tidak selesai, entah karena alasan apa.

Sosok megawati lebih dikenal setelah menjadi ketua umum PDI Perjuangan yang merupakan pecahan dari Partai Demokrasi Perjuangan. Dia pun menjadi Presiden setelah sebelumnya Abdurrahman Wahid (Gusdur) Dinonaktifkan melalui sidang Istimewa MPR. Karena sebelumnya dia menjabat Wakil Presiden, maka secara otomatis kursi presiden digantikannya. dan pada pemilu 2004 dia maju menjadi calon presiden dengan menggandeng hasyim muzadi sebagai wakilnya, dan akhirnya kalah setelah bertarung pada pemilu putaran kedua.

Ani Yudhoyono dikenal setelah dia menjadi Ibu Negara sebagai istri dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. dan dibalik keberhasilan SBY sebagai presiden pada pemilu 2004, ternyata Ani Yudhoyono memiliki peran yang cukup penting, karena saat itu dia menjadi Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat pada pemilu tahun 2004. Selain pernah menjabat sebagai wakil ketua umum DPP Partai Demokrat, dia juga aktif dalam kegiatan sosial di Persit (Persatuan Istri Tentara) Kartika Chandra Kirana Dharma Pertiwi, dan Dharma Wanita selama SBY menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada era Pemerintahan Abdurrahman Wahid dan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan era Pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

Jika Ani Yudhoyono mendapat kesempatan yang sama dengan Megawati, menurut anda bisakah Ani Yudhoyono seperti Megawati, atau bahkan melebihinya ? mengkin semua itu hanya waktu yang bisa menjawabnya. sejarah telah mengukir bahwa seorang istri Presiden/Mantan Presiden juga dapat berperan dalam pemerintahan, sebut saja hillaryclinton yang merupakan istri dari mantan presiden Bill Clinton, yang saat ini menjabat sebagai Mentri Luar Negeri Amerika Serikat.

Siapa yang lebih baik ????? tentu setiap orang berbeda pendapat, setidaknya dengan sedikit pengetahuan ini, kita tahu ternyata seorang Kristiani Herrawati Susilo Bambang Yudhoyono juga memiliki kompetensi yang tinggi sebagai Kartini-Kartini masa kini. Megawati, Sri Mulyani, ataupun Siti Fadilah Supari, mungkin hanya sebagian kecil dari wanita-wanita indonesia yang cukup berperan besar dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Dan Indonesia memiliki banyak sumber daya wanita yang berkompeten tetapi hanya sedikit masyarat indonesia yang tau, seperti halnya Kristiani Herrawati Susilo Bambang Yudhoyono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar